Wow, Teleskop NASA Menangkap Gambar Tangan Tuhan

1175 views
Ayo! Bagikan artikel ini ke Facebook atau Twitter, biarkan teman-temanmu tahu...

[www.andaikata.com] - Teleskop NASA NuSTAR (Nuclear Spectroscopic Telescope Array) melihat fenomena unik dari sebuah bintang meledak. Awan material yang muncul membentuk gambaran tangan - lihat foto - sehingga dijuluki: Tangan Tuhan.

Mungkin ini hanya peristiwa pareidolia. Bagaimanapun, kejadian langka ini mengundang decak kagum banyak orang.

 

Para ilmuwan tidak yakin apakah materi yang dikeluarkan benar-benar diasumsikan bentuk tangan, atau apakah interaksinya dengan partikel pulsar yang membuatnya tampak seperti itu.

"Kami tidak tahu apakah bentuk tangan adalah ilusi optik," Hongjun An, dari McGill University di Montreal, mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Dengan NuSTAR, tangan itu terlihat lebih seperti kepalan, yang memberikan kita beberapa petunjuk."

Awan merah muncul di ujung jari adalah struktur terpisah yang disebut RCW 89. Para astronom percaya, angin pulsar mungkin memanaskan awan itu yang menghasilkan energi cahaya sinar X lebih rendah.

NuSTAR yang dilengkapi sinar X energi tinggi memungkinkan melakukan pengamatan lebih baik. Gambar terbaru ini menggambarkan sebuah nebula angin pulsar, yang diproduksi dari sisa-sisa padatan dari sebuah bintang yang meledak dalam supernova. Apa yang tertinggal adalah pulsar, yang disebut PSR B1509-58 (dipendekkan jadi B1509), yang berputar 7 kali per detik.

@andaikatacom

Ayo! Bagikan artikel ini ke Facebook atau Twitter, biarkan teman-temanmu tahu...
Baca Juga :  Fakta Menggemparkan Tentang Gerhana Matahari Total 2016


Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)