Awas Beras Plastik Beredar, Inilah Ciri-cirinya !

1810 views

Sebagai masyarakat Indonesia, kamu tentu sangat suka makan nasi yang terbuat dari beras. Namun bagaimana perasaanmu jika beredar kabar mengenai beras palsu? Hal itulah yang baru-baru ini terjadi di masyarakat.

Ada saja ulah segelintir orang yang ingin memiliki keuntungan lebih dalam berbisnis. Sayangnya, banyak dari mereka memakai cara konyol sehingga menimbulkan beragam efek negatif bagi konsumennya.

Baca Juga : Ciri-ciri telur palsu yang sangat berbahaya dari China

Kini, tak hanya makanan siap saji yang berbahaya jika dikonsumsi masyarakat. Namun, makanan yang diolah sendiri pun sama bahaya seperti yang sedang menjadi perbincangan publik beberapa waktu ini.

Oleh karena itu, mari kita kenali ciri-ciri beras plastik berikut ini!

1. Beras plastik terlihat polos dan bening. Sedangkan beras asli terlihat berwarna putih susu di tengah-tengahnya.

penampilan beras plastik

Warna bening polos bukan berarti berasnya bersih, beras yang asli punya warna putih susu di tengah.

2. Beras plastik bisa dikenali dari teksturnya.

tekstur beras plastik

Kalau beras asli jelas ada guratannya, tidak halus, bahkan kadang bocel-bocel/rusak. Sedangkan beras plastik teksturnya halus sempurna saja.

3. Ketika beras palsu dicampur air, posisi air berada di atas beras. Sedangkan beras asli menyatu dengan air.

beras palsu dicampur air

Pada saat memasak bubur dari beras palsu, nasi akan mengendap di bawah karena massanya lebih berat dari massa air, sedangkan airnya justru di atas. Kalau beras asli akan menyatu dengan air atau mengapung di permukaan. Jika beras plastik dimasak lagi dengan air yang lebih banyak, beras justru malah akan pecah, bukannya hancur seperti bubur dari beras asli pada umumnya.

Baca Juga :  Fenomena Unik, Salju Bewarna Hijau Muncul di Kota ini

4. Saat dimasak beras plastik malah mengeluarkan banyak air.

memasak beras plastik

Ketika dimasak, beras normal akan menyerap air sehingga bentuknya mengembang. Sebaliknya, beras plastik malah mengeluarkan banyak air. Beras bisa menjadi nasi yang empuk dan pulen karena ia menyerap air. Tapi sebaliknya, beras plastik malah akan mengeluarkan banyak air, ini bisa jadi karena berasnya atau plastiknya meleleh !

5. Bila dibikin menjadi bubur, beras plastik menggumpal dan terlihat seperti belum matang.

bubur beras plastik

Beras asli yang diolah menjadi bubur biasanya akan mengental dan menyatu ketika sudah dingin. Tapi ketika bubur dari beras plastik mendingin, ia akan berbentuk buliran menggumpal seperti belum matang.

6. Aroma nasi dari beras plastik tidak wangi namun tawar.

aroma beras plastik

Waktu menanak nasi dari beras asli akan keluar aroma wangi khas dari beras tanakanmu, namun beras palsu aromanya tawar. Beras plastik dari kentang dan residu resin sintetis ini memiliki wangi dan rasa yang tawar. Saat dikunyah dimulutpun agak getir.

7. Beras plastik nasinya terasa sangat sintetis dan tidak alami.

makan beras plastik

Saat dimakan, beras plastik terasa aneh. Nasi yang sesungguhnya akan terasa begitu manis dan mengenyangkan, sedangkan nasi beras palsu akan terasa aneh di lidah (semacam ada rasa sintetis di dalamnya) seperti makan plastik.

Nah sekarang sudah tahu kan perbedaan antara beras asli dengan beras palsu, jadi berhati-hatilah dan selalu waspada. Jangan abaikan investasi kesehatan di masa depan hanya karena tergiur harga beras yang murah, dan selalu perhatikan harga standart yang berlaku dipasaran.


loading...

Investiga Six
Mengungkap hal-hal "ganjil" yang tengah terjadi di lingkungan masyarakat sosial.

Jangan Lewatkan...