Berikut Beberapa Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh

413 views
yoga

yoga | via: groupon.com

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang saat ini cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia. Berdasarkan catatan sejarah, olahraga yoga ini sudah ada sejak 10 ribu tahun yang lalu yang bermula dari Negara India. Kata yoga itu sendiri diambil dari bahasa sansekerta yakni “Yuj”, yang artinya adalah Penyatuan jiwa, kesadaran yang tak terbatas, dan kesadaran yang universal – Ilahi. Dengan kata lain, yoga merupakan sebuah kegiatan fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernafasan, keseimbangan, kelenturan tubuh agar mencapai keselarasan antara harmoni dengan emosi, mental, jiwa, spiritualitas, dan tubuh. Seiring dengan berjalannya waktu, kepopuleran yoga pun terus merambah hingga ke seluruh dunia. Namun tahukah kamu? ternyata olahraga yoga juga terdiri dari macam jenisnya lho. Nah, sebelum membahas tentang manfaat yoga untuk kesehatan tubuh, ada baiknya jika kita mengenali dulu macam-macam jenis yoga seperti di bawah ini :

1. Yoga Hatha

Jenis yoga yang pertama ini terdiri dari kelas pengantar, teknik pernafasan, dan postur dasar yoga. Jenis yoga hatha ini lebih terfokuskan pada aspek fisik, daripada aspek mental.

2. Yoga Ashtanga

Lain halnya dengan yoga ashtanga yang terdiri dari 6 seri postur yoga, yang dilakukan dengan kuat, menantang, dan tanpa henti lho. Apabila anda memiliki masalah pada sendi dan otot, maka jenis yoga ashtanga ini tidak boleh dilakukan.

3. Yoga Power

Pada dasarnya, yoga power ini merupakan adaptasi dari jenis yoga ashtanga tradisional pada tahun 1980an. Dengan demikian, maka tak heran jika metode yoga power ini tidak berbeda jauh dengan yoga ashtanga.

4. Yoga Bikram

Jenis yoga berikutnya yang harus anda ketahui, yakni bernama yoga bikram yang terdiri dari 26 gerakan dan rangkaian pernafasan. Satu hal yang unik dan menarik dari jenis yoga yang satu ini, yakni harus dilakukan di ruangan panas yang suhunya mencapai 40,6 derajat celcius dengan kelembaban 40 %.

5. Yoga Kundalini

Saat mendengar namanya saja, tentu sangat terasa sekali nuansa Indianya. Ya, hal itu memang benar adanya, bahwa kundalini ini merupakan bahasa sanskerta, yang artinya adalah “Gulungan” yang menyerupai gerakan ular yang fleksibel. Jenis yoga kundalini tersebut menggabungkan beberapa rangkaian seperti gerakan, meditasi, dan nyanyian. Nah, nyanyian tersebutlah yang dipercaya dapat membangkitkan tenaga dalam yang ada pada bagian bawah tulang belakang.

Itulah beberapa jenis gerakan yoga, yang masing-masingnya memiliki gerakan, rutinitas, dan manfaat yang berbeda-beda. Pada intinya, anda disarankan untuk memilih jenis yoga yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh. Rutin melakukan olahraga yoga dapat mengasah fokus mental, serta dapat membuang toksin atau racun yang ada didalam tubuh. Tak hanya itu, gerakan yoga juga dapat meningkatkan kelenturan tubuh sehingga anda tidak akan mudah cedera. Adapun mengenai beberapa manfaat lainnya dari yoga seperti dibawah ini :

1. memelihara berat badan agar tetap stabil.

2. melancarkan system pernafasan.

3. menjaga kebugaran tubuh.

4. sebagai relaksasi dan pemulihan otot pasca olahraga.

5. meningkatkan keseimbangan tubuh.

6. mengurangi rasa sakit saat cedera.

7. dapat membentuk otot.

8. meningkatkan kesehatan mental.

9. mengurangi rasa stress atau depresi.

10. mengatasi masalah gangguan tidur.

Itulah beberapa manfaat dari olahraga yoga yang harus anda ketahui. Bagaimana, apakah saat ini anda tertarik untuk melakukan yoga?


loading...

Amel Widya
Gak ah, biar pada penasaran... Hehehe...