Kisah-kisah 6 Gedung Tertinggi di Dunia

678 views

6 Gedung tertinggi di dunia tersebut lokasinya berbeda-beda. Ada yang di Dubai, Makkah, New York sampai Taipei. berdiri di depan gedung saja, kepala akan pegal mendongkak ke atas. Apalagi kalau naik ke dalamnya, bisa melihat bangunan lain dan kendaraan yang seperti miniatur.

Inilah 6 gedung tertinggi di dunia:

1. Burj Khalifa

Burj Khalifa

Burj Khalifa

Di peringkat satu, ada Burj Khalifa di Dubai, UEA. Gedung yang setinggi 828 meter ini bahkan menyabet 'Tallest Building' alias gedung tertinggi versi Guinness World Records.

Burj Khalifa resmi dibuka pada 4 Januari 2010 silam. Di dalamnya, ada perkantoran, pusat perbelanja, hotel sampai dek observasi. Anda bisa naik ke 'At The Top Burj Khalifa' untuk melihat panorama Dubai dari ketinggian 555 meter. Wow!

Burj Khalifa pun menjadi magnet untuk turis. Tercatat, sekitar 1 juta turis per tahun datang ke Burj Khalifa untuk merasakan sensasi masuk ke dalam gedung tertinggi di dunia. Biaya pembangunan Burj Khalifa menghabiskan dana sekitar USD 4,1 M. Jika dirupiahkan, sekitar Rp 54, 8 T.

2. Makkah Royal Clock Tower

Makkah Royal Clock Tower

Makkah Royal Clock Tower

Di peringkat kedua, datang dari Arab Saudi. Adalah Makkah Royal Clock Tower di Makkah, gedung yang punya tinggi 601 meter dan memiliki menara jam yang dinilai terbesar di dunia.

Makkah Royal Clock Tower menghadap ke Masjidil Haram dan terlihat megah. Ditambah dengan jam raksasanya, turis yang bisa berfoto-foto dari pinggir jalan di sekitar Masjidil Haram. Di dalamnya, terdapat pula Fairmont Makkah Clock Royal Tower, yang memiliki 1.542 kamar.

Bermalam di sana, Anda akan melihat lanskap Masjidil Haram dan orang-orang yang sedang beribadah dari atas ketinggian. Biaya pembangunan Makkah Royal Clock Tower disebut-sebut mencapai USD 1,6 miliar atau sekitar Rp 21,4 triliun.

3. One World Trade Center

One World Trade Center

One World Trade Center

One World Trade Center di New York, AS menempati peringkat 3. Dengan tinggi 541 meter, One World Trade Center baru diresmikan pada 1 Maret 2014 silam dengan pembangunannya yang menelan biaya USD 3 M atau sekitar Rp 40 T.

One World Trade Center masuk dalam kawasan komplek World Trade Center. Yang menarik, tingginya jika dihitung berdasarkan kaki yakni 1.776 kaki mirip dengan tahun kemerdekaan Amerika. Lantai paling tinggi di sana, adalah lantai 105.

One World Trade Center bahkan disebut sebagai gedung tertinggi di kawasan Amerika dan Amerika Latin. Jangan cuma memandangi dari luar, Anda bisa masuk ke One World Observatory. Berada di lantai 100, silakan memandangi New York dari ketinggian 500 meter!

Baca Juga :  5 Negara ini Telah Menerapkan Hukuman Ekstrim bagi Pelaku Pemerkosa

4. Taipei 101

Taipei 101

Taipei 101

Nomor 4 kembali ke Asia, yakni Taipei 101 di Taipei, Taiwan. Taipei 101 punya ketinggian 1.669 kaki atau setara 508 meter. Beberapa ruangan gedungnya, dipakai untuk apartemen, perkantoran, serta pusat perbelanjaan. Tapi kalau di lantai 91, ada Taipei 101 Observatory yang akan menampilkan lanskap kota Taipei dari ketinggian ratusan meter.

Yang jadi keunggulan dari Taipei 1010 adalah kacanya fiber optik dan hubungan internet sateli mencapai kecepatan satu gigabyte per detik. Jika diperhatikan, bentuk gedungnya sendiri dirancang menyerupai bentuk bambu.

Taipei 101 sudah menjadi ikon dari Taiwan. Perayaan pesta kembang api dari gedung ini setiap tahunnya selalu dinanti-nanti. Jangan lupa juga naik lift di dalamnya yang punya kecepatan 63 km/jam. melesat dari lantai 5 ke lantai 89!

5. Shanghai World Financial Center

Shanghai World Financial Center

Shanghai World Financial Center

Tiongkok diwakili oleh Shanghai World Financial Center, yang menempati peringkat 5 dalam gedung tertinggi di dunia. Gedung ini punya tinggi 1.614 kaki atau sekitar 491 meter. Gedung yang berlokasi di Shanghai ini sudah diresmikan sejak tahun 2008 silam.

Pusat perbelanjaan, kuliner dan dek obervasi bisa traveler temui di dalam Shanghai World Financial Center. Yang paling menarik di sana, ada tempat namanya The Sky Walk. Seperti namanya, yang kalau diartikan adalah berjalan di atas langit, turis akan dibuat kagum sekaligus deg-degan.

Sky Walk berada di ketinggian 55 meter. Lantainya bukan keramik, melainkan kaca. Berjalan di atasnya, akan membuat Anda serasa melayang di udara. Berani?

6. International Commerce Centre

Hong Kong Skyline

Hong Kong Skyline

Di peringkat terakhir, ada International Commerce Centre yang berlokasi di Hong Kong. Gedung yang dari luar terlihat berwarna hitam ini punya ketinggian 439 meter. Satu spot wisata di sana adalah Sky 100.

Lantai 1-4 di International Commerce Centre diisi oleh shopping mal, lantai 5-99 diisi dengan pusat perkantoran. Lantai 101-102 adalah restoran yang sedang dibangun serta lantai 103-118 adalah Hotel Ritz Carlton.

Sky 100 berada di lantai 100 dengan ketinggian mencapai 393 meter. Dari atas sana, panorama 360 derajat Hong Kong terlihat cantik dari ketinggian. Ada lautan, kapal-kapal, pegunungan sampai jalan raya dan kendaraan yang terlihat bak miniatur.

Sebelum mencapai Sky 100, kita akan naik lift dari lantai 2, bagian Memory Lane yang merupakan tempat untuk mempelajari sejarah perkembangan Hong Kong dan kehidupan penduduknya. Siap-siap melesat 60 detik untuk menuju Sky 100 di ketinggian 393 meter!


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)

Jangan Lewatkan...