Ilmuan: Alam Semesta Mulai Menuju Kematian, Jejak-jejaknya Mulai Kelihatan

Kabar burung terkait ramalan hari tiba memang sering menjadi berita heboh, dan kini ada lagi sebuah ungkapan dari seorang ilmuan yang mengatakan jika semesta mulai menuju pada kematian yang katanya jejak – jejak kematian mulai kelihatan.

galaxy bima sakti

Penelitian yang dilakukan ini adalah bagian dari Galaxy And Mass Assembly (GAMA) yakni sebuah survei galaksi yang dilakukan pada semua panjang gelombang. Dalam penelitian ini para astronom akan mengerahkan berbagai teleskop untuk mempelajari besarnya energi yang diproduksi oleh alam semesta.

Untuk mengetahui berapa energi yang diproduksi oleh alam semesta ini , mereka menggunakan 200 000 galaksi yang ada di alam semesta dengan alat – alat canggih seperti teleskop VISTA dan VST milik ESO, teleskop landas angkasa GALEX dan WISE milik NASA serta teleskop Herschel milik ESA.

Para peneliti tidak hanya melihat bagian dari energi alam semesta saja, mereka juga akan melakukan pembentukan dan evolusi dari berbagai tipe galaksi yang ada di alam semesta.

Alhasil, mereka mempresentasi 200.000 galaksi lebih mengalami penurunan dibandingkan 2 miliar tahun lalu. Ini artinya alam semesta semakin lemah dan semakin mudah untuk hancur.

Penurunan energi di alam semesta ini juga dapat dilihat dari pancaran pada panjang gelombang yang ternyata gelombang tersebut lebih panjang hingga menembus awan . Bahka gelombang yang menembus awan itu bisa memancarkan kembali cahaya bintang yang ada di dalam awan.

Kondisi seperti ini menyebabkan adanya energi tambahan yang terus menerus diproduksi oleh bintang ketika mereka melakukan pembakaran hidrogen dan helium. Selanjutnya, energi baru yang dihasilkan bintang-bintang ada yang diserap oleh debu saat sedang melintas di dalam galaksi induknya yang mengakibatkan alam semesta akan memudar dan perlahan menuju kematian.

Baca Juga :  5 Negara ini Telah Menerapkan Hukuman Ekstrim bagi Pelaku Pemerkosa

Peristiwa seperti ini lah yang disebut sebagai Big Bang. Dalam peristiwa tersebut sebagian energi yang terbentuk itu tersimpan sebagai massa, yang kemudian diubah kembali menjadi energi saat bintang melakukan pembakaran yang nantinya alam semesta akan hancur abadi dan inilah yang bisa disebut sebagai kiamat.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)

Jangan Lewatkan...